Cara Mengukur Resistor

Cara Mengukur Resistor. Apabila penunjukan jarum terlalu kekanan sehingga tidak menunjuk pada suatu nilai maka perlu kita turunkan batas ukur (apabila sebelumnya 100x maka diturunkan menjadi 10x) dan apabila penunjukan jarumnya hanya bergerak sedikit dan terlalu ke kiri sehingga tidak menunjuk suatu nilai maka perlu kita naikan batas ukur. Cara menghitung resistor paralel adalah dilakukan dengan mengikuti rumus yang sudah dipaparkan sebelumnya.

Cara Menghitung Nilai ResistorCara Menghitung Nilai Resistor
Cara Menghitung Nilai Resistor from www.ardutech.com

Jadi, arti pada nilai resistor tersebut adalah berkisar antara, 2.090 ohm sampai 2.310 ohm. Bila jarum menunjukkan angka 100 pada papan skala dan sakelar penyetelan ditunjukkan pada k berarti ukuran resistor itu sebesar 100 k ohm. Nah berikut ini adalah tabel kode warna resistor untuk jenis 4 pita warna ataupun 5 pita warna.

Komponen Thermistor Bisa Dicek Dengan Mudah Menggunakan Sebuah Avo Meter Digital Maupun Analog.

M kelipatan yang berupa kependekan dari mega artinya 1000 w. Demikian postingan om bt tentang cara mengukur resistor dengan meter dan kode. Cara menghitung resistor 4 warna.

Demikianlah Penjelasan Singkat Mengenai Cara Mengukur Besarnya Nilai Resistor.

Bisa dikatakan hampir setiap sirkuit elektronik pasti ada resistornya. Semoga dengan membaca artikel ini bisa memberi sebuah pemahaman yang berarti bagi anda. Untuk gelang warna emas dan perak terletak lebih jauh dari warna lain.

Masih Melansir Sumber Modul Belajar Yang Sama, Ini Contoh Soal Dan Pembahasan Cara Menghitung Resistor Paralel:

Nah dari gambar di atas dapat kita ketahui atau kita simpulkan hasil pengukuran. Contoh kasus untuk menghitung resistor seri. About press copyright contact us creators advertise developers terms privacy policy & safety how youtube works test new features press copyright contact us creators.

Didalam Artikel Tersebut Terdapat Penjelasan Mengenai Resistor Mulai.

Cara menghitung resistor paralel adalah dilakukan dengan mengikuti rumus yang sudah dipaparkan sebelumnya. 10 x 10 2 = 1000 ω = 1 kω ± 5 %. Pita warna pertama dan kedua melambangkan digit pertama dan kedua resistor tersebut.

Setelah Kita Menyetel Multimeter Digital Dalam Mode “Ohm”, Lalu Kedua Terminal.

Jadi, arti pada nilai resistor tersebut adalah berkisar antara, 2.090 ohm sampai 2.310 ohm. Pertama adalah cara yang paling gampang, yaitu dengan menggunakan multimeter digital. K merupakan kependekan kilo artinya 1000.