Cara Menggunakan Pipet Gondok

Cara Menggunakan Pipet Gondok. Pipet volume atau pipet gondok adalah salah satu alat ukur kuantitatif dengan tingkat ketelitian tinggi, ditandai dengan bentuknya yang ramping pada penunjuk volume dan hanya ada satu ukuran volume. Celupkan bagian bawah pipet ke dalam cairan, lalu cairan disedot dengan ball pipettor sampai melebihi garis batas kemudian dikeluarkan cairan sedikit demi sedikit.

Gambar Pipet Gondok Dan Fungsinya AR ProductionGambar Pipet Gondok Dan Fungsinya AR Production
Gambar Pipet Gondok Dan Fungsinya AR Production from arproductionsblog.blogspot.com

Saat pipet dimasukkan ke dalam cairan, bola karet yang dipencet tadi dilepaskan kemudian angkat pipet dari cairan untuk dipindahkan ke wadah yang lain. Celupkan bagian bawah pipet ke dalam cairan, lalu cairan disedot dengan ball pipettor sampai melebihi garis batas kemudian dikeluarkan cairan sedikit demi sedikit. Bilas pipet volume dengan akuades agar tidak ada kontaminasi dari bahan kimia lainnya.

Penggunaan Pipet Gelas Seperti Pipet Ukur Dan Pipet Gondok Tidak Mempunyai Akurasi Yang Tinggi Untuk Volume Kurang Dari 1 Ml.

Contoh alat yang sering digunakan dalam laboraturium antara lain: Adapun cara menggunakan pipet gondok yang diajarkan oleh asisten laboratorium: Bilas pipet volume dengan akuades agar tidak ada kontaminasi dari bahan kimia lainnya.

Kebanyakan Pipet Bukan Hanya Berfungsi Untuk Mengukur Volume Namun Juga Berguna Untuk Memindahkan Cairan Dari Wadah Satu Ke Wadah Yang Lain.

Gelas kimia (beker glass) untuk memanaskan zat kimia yang berbentuk larutan. Bulb dari pipet gondok tersebut dipasang di bagian atas pipet gondok menggunakan tangan kanan. Pipet volume / pipet gondok di bagian tengah dari pipet ini ada bagian yang membesar (gondok), ujungnya runcing dan.

Selain Untuk Memindahkan Pipet Juga Dipakai Untuk Mengukur Volume Cairan Dalam Jumlah Yang Tidak Terlalu Banyak Dengan Tingkat Akurasi Yang Lebih Tinggi.

Yang teliti digunakan pipet gondok / pipet ukur. Gunakan bulp ataupipet filler untuk menyedot larutan. Pada kedua alat tersebut karena, sama sama memiliki jenis volumetrik yang sama (single mark.

Baca Juga :   Cara Penggunaan Gramoxone

Pipet Ini Sudah Dikalibrasi Dengan Baik.

Pada bagian mikropipet selalu dilengkapi dengan pengatur volume yang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan nilai volume sebenarnya dari kedua alat tersebut pada kapasitas yang sama. Berikut panduan cara menggunakan pipet tetes dengan baik dan benar.

Cara Menggunakan Pipet Volum Gondok.

Jika pipet dikalibrasi dengan baik, nilai yang dihitung seharusnya sangat dekat dengan nilai sesungguhnya yang diatur pada pipet. Pipet volume juga kerap di sebut dengan sebutan pipet gondok karena bentuknya yang mengembung seperti eceng gondok. Sehingga pada pemindahan cairan dengan volume kecil kurang dari 1000 mikroliter, orang cenderung menggunakan mikropipet, biasa juga disebut dengan pipet otomatis.